Rabu, 31 Oktober 2012

Pemrograman Shell Pada Linux

Postingan kali ini saya akan membuat programnya, tapi sebelumnya kalian pembaca harus mengerti dahulu apa itu shell. Oke sekarang kita bahas langsung untuk pemrogramannya. Saya akan membuat  program dengan struktur kontrol dengan CASE. Untuk menjalankan program atau mengcompile dengan perintah chmod +x (nama_file) jika tidak ada yg error, maka eksekusinya yaitu bash (nama_file). Berikut listingnya :



LOGIKA PROGRAM

Pada listing disamping kita ketahui bahwa kasus diatas memakai struktur kontrol karena memakai perintah Case. Dalam ubuntu untuk menulis script shell saya menggunakan teks editor  yaitu gedit untuk menulis statemen2 perintahnya. Lalu dikompile di terminal. Caranya yaitu simpan nam afile yang sudah dibuat pada teks editor, simpan dimana saja, lalu compile dengan perintah chmod +x nama_file, jika program running maka ketik bash nama_file. Berikut penjabarannya :
#!/bin/bash Statement ini merupakan nama shell yang dibuat pada program ini, seperti yg kita ketahui Shell itu bertugas untuk menerjemah perintah yang berisikan sejumlah perintah dimana dapat dijadikan sebagai satu prosedur dan dapat disimpan pada suatu file.
Clear disini berarti  membersihkan layar, jika biasanya di windows kita memakai perintah clscr yaitu clear screen.
Echo digunakan untuk mencetak dan menampilkan yang ada di dalam string, perintah ini seperti printf pada bahasa C.
Echo “Menu Makanan Murah Kampus Siang Hari”; Statement ini berarti menampilkan atau mencetak Menu Makanan Murah Kampus Siang Hari, setiap diakhir perintah atau statement harus diakhiri dengan tanda titik koma (;).
Read –p “Masukkan Pilihan agan [1-5] : ” pil; Statement read digunakan untuk  membaca data dari papan ketik (keyboard) dan meletakkannya pada variabel, -p merupakan ungkapan untuk menggunakan pilihan. Jadi statement ini merupakan inputan dari user.
Case $pil in Pil merupkan nama variabel yang saya pilih, Semua perintah Linux menghasilkan nilai keluaran yang disebut sebagai nilai exit atau $. Ini untuk menentukan pilihan yang akan dijalankan.
1) Echo “agan memilih makan bakso”; ini merupakan tampilan pilihan pertama. –n merupakan ungkapan dari operator string. Read jum merupkan membaca jumlah yang telah diinput oleh user, jum disini merupkan variabel bebas. Let bayar=jum*3000 statement let  digunakan sebagai pernyataan untuk kondisi yang menggunakan ekspresi numerik dan operasi aritmatika. Dalam hal ini jumlah dari yang user input akan dikalikan dengan 3000. Sedangkan antara pernyataan yang satu dengan pernyataan yang lain dipisahkan dengan tanda titik koma dua kali ( ;; ).
2 ) pilihan kedua yaitu pilihan untuk gado-gado, statement ini juga sama seperti pilihan pertama, tapi harga dari jumlah inputan user dikalikan dengan 4000.
3) pilihan ketiga pilihan siomay untuk hasil operasi aritmatika pilihan user dikalikan dengan 500. Jadi setiap siomay yang diinput user hasilnya akan dikali 500.
4) pilihan keempat pilihan untuk estea user menginput mau berapa banyak botol lalu perintah let akan menjumlahkannya hasil aritmatikanya.
5) pilihan kelima pilihan untuk exit dimana akan mencetak “Diet ne agan2 ga mau makan ?? J trima kasih gan. Berarti pilihan sudah keluar atau exit.
Tanda “*” menyatakan bagian yang dieksekusi bila tidak ada nilai yang cocok
dengan nilai di dalam variabel. Dalam hal ini jika user menginput pilihan yang tidak ada di dalam daftar pilihan maka akan dieksekusi tidak cocok, maka akan mencetak “Pilihan ga ada tuh Gan !! monggo dicoba lagi.  Jika nilainya sesuai, perintah yang terletak sesudah nilai_n akan dijalankan hingga ditemukan tanda double semicolon (;;) yang berarti proses akan diteruskan ke perintah setelah kata esac. 
Echo “Berarti agan harus bayar = Rp.$bayar statement ini akan mencetak isi dari string tersebut dengan ketentuan $bayar berdasarkan hasil perhitungan jumlah aritmatika yang telah dihitung diatas. Dan statement terakhir menampilkan atau mencetak “Terima kasih sudah membeli”.
 OUTPUT PROGRAM 
OUTPUT
Output pilihan1


Output pilihan 2


Output pilihan 3


Output pilihan 4


Output pilihan 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar