Rabu, 07 November 2012

Membangun Gateway Streaming GSS Project Dengan Tomcat 4 di Linux

Tentunya kemampuan bandwidth (Besar kemampuan Bandwidth) didalam penyebaran data Streaming baik streaming audio maupun streaming video adalah sebuah tumpuan utama. Jika sebuah sebuah server streaming yang hanya memiliki bandwidht sebesar 64 KBps tentunya sangat berat didalam melakukan operasi penyebaran data secara stabil , terutama bagi client yang mendownload data streaming tersebut.
Untuk melakukan penyebaran data sebuah file streaming yang telah di encode minimal sebesar 20 KBps , maka untuk memberikan pelayanan yang stabil agar dapat didownload oleh 200 orang client maka perlu sebesar 200 x 20 = 4000 KBPs atau sebesar 4 MBps . Sedangkan harga bandwitdh yang masih sangat mahal tentunya mengakibatkan jalur streaming ini masih banyak tidak dipergunakan karena harus menggunakan bandwidth yang besar . (Perhitungan dilakukan secara asumsi tanpa diperhitungkan nilai samping).
Dengan menerapkan sistem Gateway Streaming Sistem (GSS) yang telah kami bangun ini , maka tumpuan bandwith menjadi berkurang , karena mesin-mesin gateway yang dibangun mengandalkan kemampuan web buffer dan kemampuan dari kartu jaringan . Mirip sistem kerja novell networking.
Saat ini tulisan lengkap belum dapat kami sampaikan , namun sistem ini sedang dipergunakan oleh perusahaan yang melayani jasa streaming untuk stasiun . Anda yang berada di luar Jakarta ataupun diluar negeri dapat mendengarkan beberapa stasiun radio yang pelayanan jasa streamingnya menggunakan sistem Gateway Streaming Sistem . apabila anda menggunakan operasi sistem linux , anda dapat mendengarkan dengan cara membuka menu file , open URL , kemudian ketik mms://radio.vstreamer.com/hardrock untuk radio hardrock fm jakarta , mms://radio.vstreamer.com/iradio untuk radio Iradio jakarta , mms://radio.vstreamer.com/radioone untuk radioone fm, jakarta , mms://radio.vstreamer.com/cosmopolitan untuk radio Cosmpolitan fm jakarta , mms://radio.vstreamer.com/mtvonsky untuk radio TraxFM jakarta . mms://radio.vstreamer.com/bensradio untuk bensradio jakarta atau masuk saja langsung ke www.vstreamer.com .... kalo pake Ms Windows ... buka Windows Media Player dan ikuti petunjuknya seperti di atas.
GSS yang kami bangun sepenuhnya menggunakan Operasi Sistem Linux ,Sistem Web menggunakan Apache Tomcat 4, tools server dibangun dengan pemrograman java. Semua kontrol dilakukan dengan basis web ( Remote web) .
Untuk kemampuan , saat ini kemampuan penyampaian data dari mesin gateway streaming sudah dapat menstrasfer data keluar negeri dengan baik tanpa bertumpu pada Bandwidth yang dimiliki. Dan tidak terjadi Buffering yang berulang-ulang ....
Sistem ini sangat cocok dimiliki oleh statisun TV atau Radio yang akan melakukan go Internet dengan fasilitas Media Streaming , atau barangkali Production House Sinetron yang ingin mempromosikan filmnya via internet.

http://linux.or.id/node/1153

1 komentar: